Barista

Barista adalah sebuah profesi yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Istilah “BARISTA” diambil dari bahasa Italia, yang artinya orang yang menyajikan minuman (bartender).

Sertifikasi Barista

Seorang Barista professional tidak hanya didapat dari konsumen. Tetapi terdapat pula pengakuan tertulis berupa sertifikat. Seritifikat ini dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP) dan diberikan kepada mereka yang telah dinyatakan kompeten setelah melalui serangkaian Ujian Kompetensi (UJK) yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP).

Kompetensi Barista

Di Indonesia diadakan Kompetensi Barista Indonesia (Indonesian Barista Competition) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia (Speciality Coffee Association of Indonesia). Pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan kesempatan maju kekompetisi serupa setingkat Asia dan juga di tingkat dunia yaitu di Kejuaraan Barista Dunia (World Barista Championship).

Nah, Bagaimana tertarik menjadi seorang Barista ??? Tapi ingat selalu, tak ada pekerjaan yang mudah, termasuk menjadi “Barista”. Tetap semangat dan selalu beraktivitas positive ya . . .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart